Minggu, 18 November 2012

Cara Menyemai Biji Adenium

12 Langkah Menyemai Biji Adenium


Langkah-langkah yang harus di lakukan:

1. Sebelum anda menyemai, rendam biji Adenium dalam air selama kurang lebih 1   jam atau bisa juga dilarutkan kedalam fungisida.

2. Gunakan wadah yang bisa menampung media tanam dan saluran pembuangan airnya bagus. Atau anda bisa menggunakan wadah khusus untuk menyemai.

3. Untuk tanaman Adenium, media tanam yang sering di gunakan adalah: Sekam bakar, pasir kasar dan cocopeat (serbuk sabut kelapa), perbandingannya 2:1:2

4. Letakkan media tanam kedalam wadah, setelah itu basahi media tanamnya.

5. Buat lubang menggunakan jari atau pensil, sedalam 1cm dan di beri jarak, agar rapi.

6. Letakkan biji secara horizontal/mendatar/tidur di dalam lubang yang telah dibuat.

7. Setelah meletakkan semua biji, tutup lubang dengan media tanam.

8. Sebaiknya suhu tempat menyemai 20 - 35 derajat Celcius dengan sirkulasi udara baik. Letakkan wadah yang sudah di isi dengan media tanam di tempat teduh atau hanya butuh 50% sinar matahari saja.

9. Jaga kelembapan media tanam selalu basah tapi tidak becek, sampai muncul kecambah. Biasanya sejak di semai sampai muncul kecambah itu kurang lebih 2 minggu.

10. Pada saat adenium sudah menampakkan sepasang daunnya, perlakukan seperti tanaman dewasa. Media tanam di jaga mulai mengering sebelum anda menyiramnya, untuk menghindari pembusukan.

11. Pada saat 2 minggi setelah disemai, anda bisa memberikan adenium pupuk. Caranya: Larutkan pupuk kedalam air , lalu siram dengan konsentrasi rendah.

12. Adenium anda siap di pindahkan ke pot, 2 bulan setelah disemai, atau setelah daun adenium muncul 3 - 4 pasang. 

Sumber : Klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar